Thursday, October 17, 2013

Kisi-Kisi Soal Matematika Kelas 7 Semester Genap

Kisi-Kisi Soal Matematika Kelas 7 Semester Genap. Dibawah ini adalah contoh kisi-kisi soal Matematika untuk ujian semester genap SMP kelas 7.Silahkan disimak dan dicermati.

Kisi-Kisi Soal Matematika Kelas 7 Semester Genap

Kisi-Kisi Soal Matematika Kelas 7 Semester Genap

DINAS PENDIDIKAN PROVINSI
KISI-KISI ULANGAN KENAIKAN KELAS (SEMESTER GENAP)
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
NO Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Materi Indikator
1 Menggunakan konsep himpunan dan diagram venn dalam pemecahan masalah. 4.1 Memahami pengertian dan notasi himpunan, serta penyajiannya Himpunan Diberikan 4 pernyataan dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang merupakan himpunan. Diberikan suatu himpunan, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang benar tentang keanggotaan suatu himpunan.

Diberikan himpunan yang dinyatakan dengan tabulasi, peserta didik dapat menyatakan himpunan tersebut dengan notasi pembentuk himpunan.

Diberikan 4 himpunan, peserta didik dapat menentukan himpunan yang merupakan himpunan kosong.

    4.2. Memahami konsep himpunan bagian Himpunan Bagian Diberikan himpunan dengan banyak anggota n, peserta didik dapat menentukan banyak himpunan bagian yang memiliki x anggota dari himpunan tersebut. (x < n).

Diberikan 4 himpunan semesta dan sebuah himpunan P, peserta didik dapat menentukan himpunan semesta yang mungkin untuk himpunan P.

    4.3. Melakukan operasi irisan, gabungan, kurang (difference) dan komplemen pada himpunan. Irisan dan gabungan dua himpunan Diberikan dua himpunan dalam bentuk notasi dan mendaftar anggotanya, peserta didik dapat menentukan irisan atau gabungan himpunan-himpunan tersebut.

Diberikan dua himpunan yang masing-masing diketahui banyak anggotanya, peserta didik dapat menentukan banyak anggota irisan atau gabungan himpunan-himpunan tersebut.

      Komplemen dan selisih himpunan Diberikan 2 himpunan dan himpunan semestanya, peserta didik dapat menentukan komplemen dari irisan atau gabungan himpunan-himpuan tersebut.

Diberikan 2 himpunan dalam bentuk notasi pembentuk himpunan dan mendaftar anggotanya, peserta didik dapat menentukan selisih dari 2 himpunan tersebut.

    4.4. Menyajikan himpunan dengan diagram Venn Diagram Venn Diberikan diagram Venn dari dua himpunan, peserta didik dapat menentukan irisan dari dua himpunan tersebut

Diberikan diagram Venn dari dua himpunan, peserta didik dapat menentukan gabungan dari himpunan tersebut

Diberikan diagram Venn dari dua himpunan, peserta didik dapat menentukan banyak anggota komplemen dari selisih dua himpunan.

    4.5. menggunakan konsep himpunan dalam pemecahan masalah Menyelesaikan masalah sehari-hari mengguna-kan diagram Venn dan konsep himpunan Diberikan soal cerita dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menyelesaikan dengan menggunakan diagram Venn dan konsep himpunan (operasi himpunan).

Diberikan soal cerita dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menyelesaikan dengan menggunakan diagram Venn dan konsep himpunan (operasi himpunan).

2 5. Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya 5.1. Menentukan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut. Kedudukan dua garis Diberikan gambar bangun ruang sisi datar, peserta didik dapat menentukan dua garis yang saling sejajar atau bersilangan.

      Satuan sudut Peserta didik dapat menentukan besar sudut dalam derajat dari besar sudut yang dinyatakan sebagai jarak putar atau sebaliknya.

Diberikan besar sudut yang dinyatakan dalam derajat, peserta didik dapat menentukan besar sudut yang sama dalam derajat dan menit atau sebaliknya.

      Hubungan antar sudut Diberikan perbandingan sebuah sudut dengan pelurusnya, peserta didik dapat menentukan besar penyiku sudut tersebut.

Disajikan gambar tentang hubungan antar sudut (berpenyiku atau berpelurus) yang dinyatakan dengan variabel , peserta didik dapat menentukan besar salah satu sudut tersebut.

    5.2. Memahami sifatsifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain. Garis sejajar dan sudut Diberikan gambar dua garis sejajar yang dipotong garis lain, peserta didik dapat menentukan pasangan sudut yang terbentuk (sehadap, sepihak, berseberangan).

Diberikan gambar terkait dengan garis sejajar dan sudut, peserta didik dapat menentukan besar sudut atau nilai tertentu yang ditanyakan.

Diberikan gambar terkait dengan garis sejajar dan sudut (dinyatakan dengan variabel), peserta didik dapat menentukan besar sudut atau nilai tertentu yang ditanyakan.

    5.3. Melukis sudut Garis dan sudut Diberikan gambar beserta langkah-langkah cara melukis sudut, peserta didik dapat menentukan urutan langkah yang benar dalam melukis sudut 60 atau 90

    5.4. Membagi sudut   Diberikan perbandingan sudut-sudut dalam segitiga, peserta didik dapat menentukan besar sudut terbesar atau terkecil dalam segitiga tersebut.

3 6. Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menentukan ukurannya. 6.1. Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya Segitiga Peserta didik dapat menentukan urutan langkah yang benar dalam membagi sebuah sudut menjadi dua bagian yang sama besar.

Diberikan gambar segitiga beserta besar sudut-sudut dalam segitiga (dinyatakan dengan variabel), peserta didik dapat menentukan urutan sisi dari terpendek ke terpanjang atau sebaliknya.

    6.2. Mengidentifikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang Sifat-sifat segiempat Diberikan sifat-sifat bangun datar, peserta didik dapat menentukan sifat-sifat dari salah satu diantara persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belahketupat, dan layang-layang.

Diberikan perbandingan sudut-sudut yang berdekatan pada sebuah jajargenjang, peserta didik dapat menentukan besar salah satu sudut pada jajargenjang.

Diberikan gambar trapesium dan perbandingan ketiga sudutnya, peserta didik dapat menentukan besar salah satu sudut yang belum diketahui.

      Keliling dan Luas Diberikan keliling sebuah persegipanjang serta perbandingan panjang dan lebarnya, peserta didik dapat menentukan luas persegi panjang tersebut.

Diberikan perbandingan panjang sisi-sisi sejajar pada sebuah trapesium serta diketahui tinggi trapesium dan luasnya, peserta didik dapat menentukan panjang sisi-sisi yang sejajar.

Peserta didik dapat menentukan luas layang-layang jika unsur-unsur yang diperlukan diketahui.

Diberikan gambar gabungan segitiga dan segiempat, peserta didik dapat menentukan keliling dari bangun tersebut.

Diberikan gambar gabungan segitiga dan segiempat, peserta didik dapat menentukan luas dari bangun tersebut.

Diberikan soal cerita (masalah sehari-hari) terkait dengan keliling segitiga atau segiempat, peserta didik dapat menyelesaikan masalah tersebut.

Diberikan soal cerita (masalah sehari-hari) terkait dengan luas segitiga atau segiempat, peserta didik dapat menyelesaikan masalah tersebut.

    6.4. Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis sumbu Garis istimewa pada segitiga Diberikan urutan langkah cara melukis segitiga sama sisi, peserta didik dapat menentukan urutan langkah yang benar. Diberikan gambar beserta urutan langkah cara melukis garis bagi (sudut) segitiga, peserta didik dapat menentukan urutan langkah yang benar.

Diberikan gambar terkait dengan garis-garis istimewa segitiga, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang benar berdasarkan gambar tersebut.

         

Ditulis Oleh : Unknown // 9:11 AM
Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger.